BloggerTurahan.comInvestasi?  pasti kamu sering mendengar kata investasi, mungkin dari teman, kerabat, bahkan relasi kamu. Ya, investasi secara umum memiliki sebuah arti penanaman modal terhadap usaha tertentu. Secara lengkap investasi merupakan suatu harapan mendapatkan keuntungan di masa depan dengan melakukan penanaman modal, dengan demikian pada intinya investasi itu hampir sama halnya dengan kita menabung.

Apa perbedaan Investasi dengan Tabungan ?

Investasi secara umum dikaitkan atau disamakan dengan halnya tabungan, padahal keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Apa sih yang membedakan antara keduanya? Kita mulai dari tabungan dulu. Tabungan merupakan produk dari Bank yang sangat populer dan yang paling dikenal masyarakat.

 

tabungan

Karakteristik dari tabungan itu sendiri diantaranya :

  • Untuk Jangka Pendek atau untuk Berjaga jaga bila ada kebutuhan mendesak
  • Secara nilai ekonominya, Pertumbuhannya nilai assetnya sangat lambat
  • Sangat minim resiko, bahkan hampir tidak ada resiko sama sekali
  • Dana yang ada di tabungan bisa diambil kapan saja dan dimana saja, karena sudah tersedia banyak mesin teller otomatis (ATM)

Secara tujuan dari tabungan sendiri sudah berbeda dengan investasi.Orang menyisihkan sebagian hasil pendapatannya dengan menabung, itu merupakan tujuan utama dari tabungan. Berbeda halnya dengan Investasi, Investasi kali ini karakteristiknya lebih ke arah peningkatan asset dari timbal balik modal yang kita tanamkan.

reksadana

Beberapa karakteristik Investasi secara umum diantaranya :

  • Untuk kepentingan jangka panjang, karena tidak bisa sewaktu waktu digunakan
  • Secara nilai ekonominya, pertumbungan nilai assetnya lebih cepat
  • Lebih beresiko , namun mendapatkan keuntungan yang lebih

Investasi sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Investasi dalam sektor Riil, dan Investasi dalam sektor Keuangan. Contoh yang paling umum pada sektor Riil adalah investasi emas, investasi bangunan, investasi tanah, dan sebagainya. Sedangkan pada sektor Keuangan, adalah investasi deposito, investasi reksadana, investasi obligasi, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, Blogger Turahan akan membahas Investasi Reksa Dana.

Apa sih Investasi Reksadana itu?

Reksadana

Reksadana merupakan sebuah alternatif investasi untuk masyarakat yang tidak memiliki waktu dan keahlian untuk menghitung resiko atas investasi tersebut. Biasanya Investasi jenis Reksadana ini tidak membutuhkan modal yang besar, dalam arti masyarakat dengan modal minim pun bisa terjun dalam investasi Reksadana ini. Umumnya reksadana sendiri adalah sebuah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana, lalu selanjutkan diserahkan kepada manajer investasi untuk diinvestikan kembali. Dengan demikian bisa diartikan Reksadana itu sendiri merupakan kumpulan dana bersama yang nantinya akan diserahkan kepada manajer investasi yang dipercayai. Lalu apa saja sih keuntungan dari Investasi Reksadana itu?

Keuntungan Investasi Reksadana

  1. Fleksibel ( Banyak pilihan produk sesuai dengan kebutuhan investasi
  2. Likuid ( Bisa dicairkan dengan cepat tanpa jangka waktu, namun tidak instan )
  3. Aman ( Terdaftar dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan )
  4. Bebas Pajak ( Hasil Investasi tidak dipotong pajak )
  5. Terjangkau ( Investasi Reksadana mulai 10 Ribu Rupiah )

 

Jenis Jenis Investasi Reksadana

1. Reksadana Pasar Uang (Money Market Fund)

2. Reksadana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

3. Reksadana Campuran (Balance Mutual Fund)

4. Reksadana Saham (Equity Fund)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *